Pendirian Rumah Pelita (Peduli Literasi Anak Indonesia) Kampung Kali Ulu, Karangraharja, Cikarang Utara, Bekasi

AKSI MBI KE-25

Alamat : Kampung Kali Ulu, Karangraharja, Cikarang Utara, Bekasi, Jawa Barat.

Yayasan Bersatu Membangun Indonesia Sejahtera dibidang Pendidikan pada Rabu, 01 Juni 2022 mempersembahkan “Rumah Pelita (Rumah Peduli Literasi Anak Indonesia)” bagi Pertiwi. Kecintaan kami kpd anak-anak Indonesia sbg generasi penerus bangsa membuat kami mendirikan Rumah Baca & Belajar ini.

Rumah pelita Cikarang

Kami menamakannya “Rumah Pelita” dgn harapan dpt mnjadi pelita yg menerangi asa & cita anak-anak dari kaum prasejahtera krna dimasa mendatang mereka adl wajah Indonesia. Ya, harapan kami besar. Kami mau mengharapkan hal-hal yg besar dan jg mengusahakan hal-hal yg besar dan hal-hal besar hnya akan trjdi ketika hal-hal kecil mulai dilakukan dan kami melakukannya sekarang.

rumah pelita

“Rumah Pelita” pertama kami dirikan di Kampung Kali Ulu, sebuah kampung di pinggiran kali yg terletak di desa Karangraharja, Cikarang Utara, Bekasi, Jawa Barat. Mayoritas warga bekerja sbg pemulung dan buruh serabutan. Ketika melintasi jalan disekitar pinggiran kali, kami kerap melihat banyak anak-anak bermain dipinggiran kali atau ada jg yg sedang mandi di kali. Lalu suatu waktu akhirnya kami pun mencoba melakukan survey & berdialog dgn suatu keluarga dan brtnya tntang kondisi warga di kampung tsb.

rumah pelita

Tepat seperti dugaan kami banyak anak-anak yang tdk bersekolah dan faktor utama ada pd perhatian orang tua yg kurang memperhatikan pendidikan anak-anak mereka. Anak-anak malah diajak utk ikut memulung dan mengamen. Akibatnya anak-anak menjadi lebih tertarik mendptkan uang agar mereka bisa membeli jajanan ketimbang mereka hrs pergi kesekolah.

Selain itu, akibat pandemi yg trjadi selama 2 thn dimana sebagian anak-anak yg tdk mempunyai fasilitas utk mengikuti pembelajaran daring mengharuskan mereka berhenti mengikuti pembelajaran dan akhirnya malas utk kembali bersekolah.

Lalu pada pembukaan “Rumah Pelita” di 01 Juni kemarin, kami jg mendapati ada anak yg seharusnya duduk dibangku kelas 3 SD hnya bisa menuliskan nama ttpi tdk bisa menuliskan kata yg lainnya dan bhkan tdk mengenal huruf. Hati kami sedih melihat anak-anak ini.

VIDEO AKSI MBI KE-25

Harapan kami kiranya dengan kehadiran “Rumah Pelita” di Kampung Kali Ulu ini bisa menerangi anak-anak kaum prasejahtera dari kebutaan akan literasi. Selain itu, kami juga berharap kiranya “Rumah Pelita” menjadi wadah anak-anak bertumbuh dan belajar bersama sehingga bersama mereka saling mendorong dan menyemangati untuk belajar demi meraih cita-cita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *